10 Mei 2017

Society Judgement

Orang-orang sering sekali menyatakan tentang hal-hal yang mereka sering sebut 'jaga image', dimana mereka bakal melakukan hal-hal yang menurut mereka tidak memalukan dan tidak akan menimbulkan society judge, bahkan ada beberapa orang yang sering melakukan sesuatu yang disebut pencitraan demi menjaga image mereka ini. Tapi, apa yang sebenernya di maksud dengan image itu sendiri? Secara Harafiah, image artinya adalah 'gambar',  nah image yang kali ini dibahas adalah gambaran penilaian dunia terhadap seseorang.

In real life, society label you, whoever you are, whatever you do. Basic Bitch, Stupid Whore, Playboy, weird, nerd, dump-ass, most of them is the bad-shit about you. As I told you, society judge.
Tapi apa hal-hal yang mendasari semua label tersebut? Banyak hal. Mulai dari latar belakang keluarga, latar belakang pertemanan, love life, cara jalan, cara ngomong, cara berpakaian, everylittle thing in you life will bring you on a judgement

Berdasarkan pertemanan bakal , orang yang nggak punya temen bakal di anggap ansos, cupu, culun, kuper, udik dan banyak hal buruk lainnya. Sedangkan orang yang punya banyak temen disana-sini dianggap sosialita, caper dan nggak setia kawan. Dan jika kita punya temen yang itu-itu aja, sebut aja sebuah grup/ geng/ gerombolan yang nggak berniat mecah dan bergabung dengan yang lain akan menyebabkan kita disebut picky friend. Isn't it hurt we can't do anything without receiving any bad judgement? Faktanya adalah dalam suatu lingkup orang bisa cenderung menjadi penyendiri karena mereka tidak menemukan teman yang benar-benar mengerti kondisinya, lalu saat ia sudah menemukan temannya ia bakal terus-terus bersama dengan temannya karena itu adalah comfort zone yang telah ia temukan, dan apakah saat kira udah bertemu comfort zone kita, kita nggak boleh berusaha menexpand zona itu? Well, that's the point, right or wrong is only based on what point of view are we gonna take. None of people is totally wrong, or totally right.



Berdasarkan cara berpakaian juga bisa menimbulkan banyak society label yang ntah muncul dari mana, orang-orang dengan rok pendek akan di judge sebagai cewek yang nggak baik, dan hijabers/ orang yang mengikuti syariat agama dengan baik aka  udah ber-syar'i akan di cap cewek baik polos.  Well maybe for this one I can't even handle it. Impression tentang cara berpakaian seseorang emang menentukan bagaimana orang lain menilai kalian, salah satu contohnya, adalah first impression in our first date, kalo si doi nggak berpenampilan rapih segimana kita mengharapkannya pasti bakal menimbulkan satu label dari otak kamu. Tapi tetep aja seharusnya it didn't work that way, let people dress as well as the want, as long as it don't bother you, you better shut your mouth up.

And one other important thing that can make society judge you is about the lovelife. Well, everyone have their own story, if they're lucky, they'll meet someone they want immediately. But, what if they don't? Have you ever heart about playboy? Nah, playboy ini adalah salah satu contoh society label, ditujukan buat cowocowo yang kerjaannya mainin cewek. Hm... Okey, let's stop talking about gender, jangan sebut tentang playboy / playgirl but let's talking 'bout 'players'. Players sering di artikan sebagai orang yang suka gonta-ganti pacar, tapi sebernernya yang bisa bener-bener bisa dikatakan players adalah orang-orang yang bener-bener messing around with love, what I mean is, ada beberapa orang yang mendapat cap players karena mereka udah beberapa kali pacaran, tapi mereka sebenernya nggak bermaksud begitu. Don't you got it? Some people are just looking for the real love, right person in the right time, dan somehow, nggak mudah untuk mendapatkan itu. Tau tentang istilah PDKT itu begitu indah dan saat pacaran keadaan berubah 180 derajat? Kadang hal inilah yang menyebabkan adanya orang-orang yang di anggep players, mereka adalah orang-orang yang tidak bermaksud bermainmain. Setiap orang pasti punya alasan untuk memutuskan berpacaran dengan seseorang dan mengakhirnya. Tapi kadang orang-orang nggak mewajari alasan ini yang dunia tau hanya menilai seseorang sesuai dengan apa yang mereka lihat.

So, what we gotta do with this society judgement? We should care for it or we shouldn't?
Well for me, This society judgement always affect me in making decision of my life, my problem is, I'm overthink of it, sometimes I care about what people might think about me more than I care about my self, sometimes I let my self hurt. And I know it's wrong. May be I should care about it, cause society will not judge for no reason, what they see is what they judge, but somehow they judge you wrong, cause they just see your story, not try to understand it.
I believe society label is just something you can't deny but you only need to know and learn why they judge you that way, if it wrong make it right, if it right so what?